Indikator
- memiliki visi dan misi yang jelas dan mengomunikasikan kepada pemangku kepentingan.
- membangun komunikasi dan interaksi antarwarga secara berkala.
- melakukan kolaborasi atau kemitraan dengan orang tua/wali dalam rangka mendukung penyelenggaraan layanan pendidikan.
- melakukan kemitraan dengan pihak-pihak lain dalam rangka mendukung penyelenggaraan layanan pendidikan.
- melaksanakan evaluasi/ refleksi berbasis data dengan melibatkan peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan, dan orang tua.
- menyusun rencana kegiatan tahunan berdasar evaluasi/refleksi berbasis data.
Di SD Negeri 065 Bala, kepala sekolah berkomitmen mewujudkan layanan belajar yang partisipatif dan kolaboratif sesuai visi misi madrasah. Pendidik dan tenaga kependidikan secara rutin dilibatkan dalam perencanaan dan refleksi kinerja, memungkinkan evaluasi efektivitas pembelajaran dan identifikasi kebutuhan pengembangan profesional berbasis data. Setiap pendidik menyusun rencana pengembangan profesional berdasarkan hasil refleksi ini, menjadi panduan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Kepala sekolah juga menginisiasi kolaborasi dengan orang tua, komite sekolah, dan komunitas lokal, merespons kebutuhan aktual melalui program pengembangan profesional dan kesehatan mental. Perencanaan berbasis data diterapkan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT), memastikan program di SD Negeri 065 Bala selaras dengan kebutuhan komunitas dan mendukung pencapaian visi sekolah. Keberhasilan pendekatan ini tercermin dalam peningkatan kualitas pembelajaran, partisipasi aktif peserta didik, dan kesejahteraan mental yang lebih baik.