Kepala satuan pendidikan mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan yang selaras dengan kurikulum nasional.

Indikator
  • melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan untuk penyusunan kurikulum satuan pendidikan.
  • mengembangkan kurikulum satuan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik dan merujuk pada kurikulum nasional.
  • menyusun dan melaksanakan mekanisme evaluasi berkala untuk memastikan kurikulum di tingkat satuan pendidikan relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik.

Di SD Negeri 065 Bala, kepala sekolah aktif mengembangkan kurikulum sekolah yang selaras dengan kurikulum nasional, dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik dalam pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai. Refleksi dan evaluasi rutin memastikan kurikulum dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut sesuai standar nasional.
Pendidik diberikan kesempatan untuk refleksi diri dan mengembangkan rencana pengembangan profesional, didukung oleh program pelatihan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kepala sekolah juga menekankan pentingnya kesehatan mental, memasukkan program kesejahteraan mental dalam kurikulum.
Kurikulum di SD Negeri 065 Bala dimodifikasi setiap tahun berdasarkan evaluasi, memastikan relevansi dan responsivitas terhadap kebutuhan peserta didik dan perkembangan pendidikan. Dengan ini, kurikulum tidak hanya memenuhi tujuan pendidikan nasional tetapi juga mendukung perkembangan holistik peserta didik. FOTO PEMBUATAN KURIKULUM 2