Indikator
- menyusun perencanaan pengadaan sarana dan prasarana berdasar analisis kebutuhan pembelajaran.
- memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki secara optimal.
- memenuhi sarana dan prasarana untuk kebutuhan pembelajaran secara mandiri atau bermitra.
- melaksanakan mekanisme pemeliharaan sarana dan prasarana di lingkungan satuan pendidikan.
Di SD Negeri 065 Bala, kepala sekolah memimpin pengelolaan sarana dan prasarana dengan fokus pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Pengelolaan dimulai dari identifikasi kebutuhan berdasarkan kurikulum dan kegiatan pembelajaran, yang ditinjau setiap tahun melalui refleksi dan evaluasi kinerja. Tujuannya adalah memastikan sarana dan prasarana mendukung pembelajaran secara optimal.
Kepala sekolah juga memastikan pemeliharaan rutin dilakukan untuk menjaga kondisi fasilitas, serta mendorong pengembangan sarana yang mendukung inovasi pembelajaran, seperti ruang kelas fleksibel, laboratorium up-to-date, dan teknologi canggih. Selain itu, kesehatan mental menjadi perhatian utama, dengan penyediaan ruang konseling dan area istirahat yang tenang.
Pengelolaan yang terstruktur dan berbasis kebutuhan ini memastikan lingkungan belajar yang kondusif bagi perkembangan seluruh warga sekolah.