Indikator
- memiliki kebijakan dan/atau prosedur yang mengakomodasi lingkungan belajar yang inklusif bagi berbagai kebutuhan belajar peserta didik.
- melaksanakan program bagi pendidik, orang tua/wali, dan peserta didik untuk mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik yang beragam.
- melaksanakan kegiatan yang memfasilitasi pembelajaran untuk peserta didik dengan kebutuhan yang beragam.
Instruksi
Ceritakan bagaimana upaya satuan pendidikan dan/atau program pendidikan kesetaraan Anda memastikan terbangunnya iklim belajar yang inklusif di lingkungan belajar sehingga kebutuhan belajar peserta didik terpenuhi.
Inklusif, dalam konteks ini, dimaknai sebagai kemampuan satuan pendidikan menerima, merekognisi dan memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh kebutuhan khususnya (penyandang disabilitas dan anak cerdas istimewa bakat istimewa/ CIBI), ataupun kondisi psikis, sosial dan ekonomi-nya yang memerlukan perhatian khusus.
Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak.
Dalam membuktikan kinerja, Anda dapat merujuk pada dokumentasi wajib yang sudah Anda unggah sebagai rujukan/bukti bahwa hal tersebut sudah terjadi. Misalnya di bagian mana pada kurikulum di tingkat satuan pendidikan, rencana pembelajaran atau dokumentasi suasana belajar Anda yang dapat menunjukkan bahwa layanan ini sudah terasa oleh warga satuan pendidikan dan/atau program pendidikan kesetaraan Anda.
Anda juga dapat merujuk pada bukti selain dokumentasi wajib saat mendeskripsikan kinerja sekolah Anda. Bukti tersebut dapat Anda identifikasi di kolom Identifikasi Bukti Lain, dan disampaikan kepada asesor saat visitasi.
Jika satuan pendidikan dan/atau program pendidikan kesetaraan Anda belum memastikan terbangunnya iklim lingkungan belajar yang inklusif pada warga satuan pendidikan dan atau program pendidikan kesetaraan, silahkan jelaskan rasional mengapa kinerja tersebut belum dilakukan.
SD Negeri 065 Bala berkomitmen menyediakan lingkungan belajar inklusif yang memenuhi kebutuhan peserta didik beragam. Sekolah menerapkan strategi untuk memastikan semua peserta didik, termasuk penyandang disabilitas dan anak berbakat, mendapatkan pengalaman belajar optimal.
Kurikulum dirancang mengakomodasi kebutuhan individu, dengan metode pengajaran bervariasi yang mendukung peserta didik berkebutuhan khusus. Fasilitas ramah disabilitas dan program dukungan khusus, seperti layanan konseling dan penyesuaian materi ajar, memastikan partisipasi penuh dari semua peserta didik.
Lingkungan sekolah juga mendukung kesetaraan gender dan keberagaman, dengan pelatihan pendidik yang fokus pada pemahaman dan penghargaan terhadap perbedaan, termasuk sensitivitas sosial, ekonomi, dan psikis. Dengan pendekatan ini, SD Negeri 065 Bala menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung perkembangan semua peserta didik sesuai kebutuhan unik mereka