Pendidik mengelola proses pembelajaran secara efektif dan bermakna.

Indikator
  • merumuskan tujuan pembelajaran dengan mengacu pada kurikulum satuan pendidikan.
  • melakukan asesmen dengan menggunakan cara yang beragam.
  • menggunakan hasil asesmen untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan belajar peserta didik.
  • menggunakan hasil asesmen sebagai dasar untuk merancang pembelajaran.
  • merancang kegiatan pembelajaran yang selaras dengan tujuan pembelajaran.
  • melibatkan peserta didik secara aktif dalam menentukan tujuan pembelajaran, kegiatan belajar, dan asesmen dengan menggunakan beragam pendekatan dan cara yang sesuai.
    Instruksi

    Ceritakan bagaimana kinerja pendidik Anda dalam merancang dan memfasilitasi proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan menempatkan peserta didik sebagai pelaku aktif dalam proses pembelajaran. Jelaskan proses yang dilakukan oleh pendidik pada umumnya serta hasil yang dapat menjadi bukti bahwa satuan pendidikan Anda sudah menerapkan pembelajaran dengan kualitas tersebut.

    Dalam membuktikan kinerja, Anda dapat merujuk pada dokumentasi wajib yang sudah Anda unggah sebagai rujukan/bukti bahwa hal tersebut sudah terjadi. Misalnya di bagian mana pada kurikulum di tingkat satuan pendidikan, rencana pembelajaran atau dokumentasi proses pembelajaran yang dapat menunjukkan kinerja tersebut.

    Anda juga dapat merujuk pada bukti selain dokumentasi wajib saat mendeskripsikan kinerja sekolah Anda. Bukti tersebut dapat Anda identifikasi di kolom Identifikasi Bukti Lain, dan disampaikan kepada asesor saat visitasi.

    Pendidik di SD Negeri 065 Bala menunjukkan kinerja unggul dalam mengelola pembelajaran secara efektif. Mereka menetapkan tujuan pembelajaran yang selaras dengan kurikulum, melibatkan peserta didik secara aktif, dan merancang kegiatan yang berpusat pada peserta didik. Beragam metode asesmen digunakan, mulai dari tes tertulis hingga observasi, untuk memahami kebutuhan belajar peserta didik dan menyesuaikan strategi pembelajaran. Asesmen ini menjadi dasar perancangan pembelajaran yang lebih efektif dan personal. Pendidik juga melibatkan peserta didik dalam menentukan tujuan dan merancang kegiatan, yang terbukti meningkatkan keterlibatan dan pencapaian akademik peserta didik di SD Negeri 065 Bala.

    1. Dokumentasi RPP: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang menampilkan integrasi tujuan pembelajaran dan asesmen.
    2. Hasil Asesmen: Beragam metode asesmen yang digunakan, seperti tes, proyek, dan observasi
    3. Dokumentasi Proses Pembelajaran: Video atau foto kegiatan belajar yang menunjukkan keterlibatan aktif peserta didik.

    MODUL AJAR KELAS 2 SIPA MATEMATIKA